Minggu, 20 Oktober 2013

ALGORITMA PAGE REPLACEMENT




Algoritma FIFO (First In First Out)






Prinsip yang digunakan dalam algoritma FIFO yaitu menggunakan konsep antrian, halaman yang diganti adalah halaman yang paling lama berada di memori. Algoritma ini adalah algoritma pemindahan halaman yang paling mudah diimplementasikan, akan tetapi paling jarang digunakan dalam keadaan sebenarnya. Biasanya penggunaan algoritma FIFO ini dikombinasikan dengan algoritma lain.
Implementasi algoritma FIFO dilakukan dengan menggunakan antrian untuk menandakan halaman yang sedang berada di dalam memori. Setiap halaman baru yang diakses diletakkan di bagian belakang (ekor) dari antrian. Apabila antrian telah penuh dan ada halaman yang baru diakses maka halaman yang berada di bagian depan (Kepala) dari antrian akan diganti.Kelemahan dari algoritma FIFO adalah kinerjanya yang tidak selalu baik. Hal ini disebabkan  arena ada kemungkinan halaman yang baru saja keluar dari memori ternyata dibutuhkan kembali. Di samping itu dalam beberapa kasus, tingkat kesalahan halaman justru bertambah seiring dengan meningkatnya jumlah frame, yang dikenal dengan nama anomali Belady.
disini di berikan soal dengan reference string ada 12, kemudian anda masukan pada frames yang di inginkan (3 frames), untuk lebih jelasnya silahkan di amati dulu.
·         Contoh 1
> reference string 1,2,3,4,1,2,5,1,2,3,4,5
> 3 frames (3 page yang dpt berada dalam memori suatu pada waktu/process)

jawaban : 
  1    2    3    4      1   2   5    1    2   3   4   5
=============================== 
  1   1     1    4     4   4    5               5   5   *
       2     2   2      1   1    1    *         3   3
              3   3      3   2   2           *   2   4

ket:  
Ada 9 page fault tanda (*) bukan page fault
tanda bintang (*) ada karena angka yang ditawarkan sudah ada dalam page sebelumnya.



0 komentar:

Posting Komentar